Senin, 21 Januari 2013

Pengertian Flock


Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur Web 2.0 lain pada tampilan antarmukanya. Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla Firefox[1] Pada tanggal 16 Juni 2008, Flock 2 yang menggunakan Mozilla Firefox 3 sebagai basisnya, diluncurkan dengan status open beta.[2] Dukungan untuk browser Flock akan dihentikan secara resmi pada 26 April 2011. Flock dapat diunduh secara gratis, dan mendukung platform Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

Flock, browser sosial networking …. mungkin lebih tepatnya seperti itu. Flock yang merupakan besutan dari mozilla ini merupakan browser yang penggunaannya lebih memudahkan untuk sosial networking.
Dengan  kelengkapan yang ditawarkan flock memiliki 3 fitur utama yakni : Social networking (Facebook, twitter,mysapce), easy find photo and video, webmail.
Ketiganya ini dirancang agar dalam berselancar dengan di web lain, fungsi seperti mengetahui update mail, update wall di FB, dan pencarian photo dan video bisa berjalan beriringan. Sehingga para penggila sosial networking bisa memantau perkembangan yang terjadi di account mereka dan tidak ketinggalan berita.Atau kalau saya boleh menyimpulkan, Flock berfungsi buat user yang tidak mau ketinggalan berita. Karena selain fungsi utama diatas, Flock juga mampu menyimpan RSS reader dari web-web lain. Era informasi yang semakin cepat telah terjadi saat ini.
Untuk bisa mencobanya, silahkan download di sini atau bisa kunjungi websitenya dihttp://www.flock.com.


Flock - Browser Para Neters

Buat sobat yang hobi online (terutama facebook), pihak Mozilla menyediakan browser khusus untuk sobat. "Flock" itulah nama browser khusus online facebook keluaran mozilla. Browser ini memiliki fitur sidebar yang isinya status update teman di facebook. Flock akan menampilkan setiap update tanpa mereload. Jadi flock itu memiliki fitur auto reload real time. Bukan hanya itu, flock juga memberikan fasilitas upload gambar, edit posting blog dan lain-lain. Dengan flock, kita bisa browsing tanpa harus meninggalkan teman-teman kita di facebook.

Flock browser ini adalah browser yang menggunakan mesin Mozilla. Walaupun sudah dirilis relatif lama, mungkin banyak orang yang belum mengetahui browser ini dikarenakan kurangnya promosi. Tetapi bagi para blogger mungkin sudah banyak yang mengetahui dan memakai browser ini karena Flock browser juga menyediakan fasilitas untuk mengupdate artikel ke blog tanpa harus masuk ke dashboard blog terlebih dahulu. Slogan Flock browser yaitu “The Social Web Browser” sepertinya memang tepat untuk menggambarkan browser ini.





Tampilan Flock Browser
Tampilan Flock browser ini didesain memang untuk mempermudah pengguna mengakses situs jejaring social maupun blog. Fasilitas side bar dari Flock browser ini bisa digunakan untuk memantau aktivitas teman di situs jejaring sosial dan memberi komentar terhadap status teman tersebut.

Tampilan Flock browser didominasi warna biru muda yang terkesan elegan dan enak dipandang mata. Tersedia tombol pintas yang bisa digunakan untuk menambahkan tab baru. Saat menambahkan tab baru dengan tombol pintas ini kita bisa melihat video gambaran sekilas tentang flock. Bagaimana kemudahan-kemudahan Flock browser ini dalam mengakses berbagai situs jejaring sosial dan kecepatan Flock browser dalam menampilkan suatu halaman web.

Dukungan Flock Browser
Flock browser ini mendukung beberapa situs jaringan pertemanan, webmail, feed, dan photo store. Beberapa web yang didukung oleh Flock ini antara lain:

1.      Facebook
Dengan Flock browser, kita bisa memantau aktivitas dari teman kita di Facebook pada side bar yang disediakan oleh Flock browser. Selain itu tentu saja kita bisa mengomentarai status dari teman kita tersebut. Selain itu kita juga bisa update status secara langsung melalui side bar dari Flock browser.

2.      Youtube
Dengan Flock browser ini kita juga bisa terkoneksi dengan Youtube.


3.      Flicker
Seperti yang kita ketahui bersama, Flicker adalah website yang menyediakan layanan untuk upload foto. Berbagai jenis foto bisa kita upload di Flicker ini. Dengan menggunakan Flock browser, kita bisa langsung mengunggah foto ke Flicker dan membaginya ke sesama teman.

4.      Blogger
Seperti yang telah dikemukakan di bagian awal artikel, dengan menggunakan Flock browser ini kita bisa mengunggah ataupun mengedit artikel di blog. Beberapa blog yang didukung oleh Flock adalah Blogsome, blogger, TypePad, wordpress.

5.      Tweeter
Dengan menggunakan Flock browser ini kita bisa mengetahui tweet dari teman dan me-retweetnya.

Selain memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai situs jejaring sosial, Flock browser juga mempermudah pengguna untuk menemukan suatu halaman web karena Flock browser juga dilengkapi dengan mesin pencari web terbesar yaitu Google. Pengguna cukup mengetikkan kata kunci dari artikel yang dia cari maka Flock browser akan menampilkan hasil pencarian dari Google.

Fasilitas Add-ons
Karena menggunakan mesin Mozilla, otomatis add-ons yang diperuntukkan untuk Mozilla bisa juga dipergunakan untuk Flock browser. Pengguna bisa menambah atau mengurangi add-ons sesuai dengan keinginan dan kebutuhan

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Flock

http://www.ozanhacker.com/2011/04/sejarah-flock-browser.ht


Tidak ada komentar:

Posting Komentar